Laman

Kamis, 30 Maret 2017

BUPATI OGAN ILIR ILYAS PANJI ALAM MENJAWAB PEMANDANGAN UMUM FRAKSI DPRD TERKAIT LKPJ TAHUN 2016


INDRALAYA –  Bupati Ogan Ilir (OI) H Ilyas Panji Alam memberikan jawaban atas pemandangan umum 7 Fraksi DPRD Ogan Ilir, terkait dengan LKPJ Bupati Ogan Ilir tahun 2016 dan Raperda Laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Ogan Ilir Tahun anggaran 2016, pada Rapat Paripurna  ke-V di Ruang Sidang Utama gedung DPRD Ogan Ilir Tanjung Senai, Indralaya pada hari Senin 27 Maret 2017.
Rapat dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten OI Ahmad Syafei dan diikuti oleh sejumlah anggota DPRD setempat, dihadiri juga oleh  forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Pimpinan SKPD, serta camat di lingkup pemerintahan kabupaten OI.
Berdasarkan jawaban pihak eksekutif yang disampaikan oleh Plt Bupati OI Ilyas P Alam, sebagian dari materi pandangan umum fraksi dewan melalui jubirnya seperti M Ikbal (Golkar), Rizal Mustopa (Nasdem), Amir Hamzah (PDI Perjuangan), Herman Masruddin (PAN), H Sopian M Ali (PPP), Sonedi Ariyansyah (Demokrat), dan Kusharyadi Alun (Berkibar), telah menjadi perhatian dan catatan pihak eksekutif untuk perbaikan dan penyempurnaan dalam penyelenggaraan pemerintah, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat.
“Seperti masukan dari Fraksi Golkar, kami sepakat bahwa peningkatan PAD OI harus dilakukan terobosan-terobosan dengan upaya intensifikasi dan ekstensifikasi perlu dilakukan secara simultan dan bersinergi sehingga tercapai sesuai target yang ditetapkan,” ujar H Ilyas P Alam.
Ia melanjutkan tanggapan atas pandangan Fraksi Nasdem terkait  PAD yang mengalami beberapa kendala pencapaian belum maksimal terlihat dari sektor retribusi daerah yang banyak dievaluasi oleh Pemerintah Pusat dan ada kewenangan yang diambil alih oleh Pemerintah Provinsi. Kedepan akan dilakukan penyempurnaan dan pemetaan kajian potensi PAD dengan penelitian dan pengembangan.
“Pola manajemen organisasi khususnya sumberdaya manusia di satuan kerja perangkat daerah, penataan pedagang kecil, penciptaan lapangan pekerjaan, pendataan potensi sumber PAD, program 1000 penguasa akan terus dilakukan pengawasan sehingga kabupaten OI akan lebih sejatera, unggul dan berkualitas dengan visi yang ditetapkan,” ungkapnya.
Plt Bupati OI H Ilyas P Alam mengungkapkan rasa terima kasih atas apresiasi fraksi-fraksi DPRD OI terkait telah tersusunnya LKPJ tahun 2016, terhadap perlunya mendorong laju pertumbuhan ekonomi kreatif utamanya masyarakat berpenghasilan rendah, saat ini program desa semakin kompetitif sejalan dengan pemerintah fokus dengan anggaran desa, sehingga pembangunan desa lebih menyentuh sesuai kebutuhan dan terus dilakukan evaluasi pencapaiannya.
Sementara itu di akhir rapat paripurna DPRD OI terhadap LKPJ Bupati 2016, Wakil DPRD OI Ahmad Syafei mengatakan penjelasan yang disampaikan bupati OI diharapkan dapat menjadi masukan dan referensi para anggota dewan OI untuk pembahasan rapat tingkat selanjutnya.