Laman

Jumat, 17 Maret 2017

INSPEKTORAT BERSAMA BUPATI OGAN ILIR HM ILYAS HADIRI PENILAIAN DESA PAYAKABUNG SEBAGAI DESA TERBAIK GOTONG ROYONG

PAYAKABUNG - Inspektorat Kab Ogan Ilir bersama Bupati Ogan Ilir HM Ilyas Panji Alam menghadiri penilaian Desa Payakabung, Kecamatan Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir oleh Tim Penilai Lomba dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Prov Sumsel sebagi desa yang dipilih untuk mengikuti lomba Bulan Bakti Gotong Royong Tingkat Provinsi Sumatera Selatan tahun 2017, beberapa hari yang lalu.
Bupati Ogan Ilir, H.M Ilyas Panji Alam dalam sambutannya mengatakan, nilai gotong royong telah melekat pada diri masyarakat Desa di Kabupaten Ogan Ilir sejak turun temurun.
Untuk itu, lanjutnya, jadikan bulan bakti gotong royong sebagai momentum menghidupkan kembali dalam rangka mengidupkan nilai-nilai gotong royong.
“Lomba ini bisa menjadi momentum. Kita berharap Desa Payakabung bisa memenangi lomba,” ujarnya.
Pada bulan Juni 2017 Desa Payakabung juga menerima Kunjungan Tim Word Bank dalam rangka Monitoring Evaluasi (Monev) kegiatan keberlanjutan pengelolaan SPAMS " Sabmas Mandiri " Desa Payakabung
Desa Payakabung Kecamatan Indralaya Utara tahun 2014  pernah menjadi salah satu Desa yang dijadikan Pilot Project pada Aksi Nasional Food Safety Masuk Desa yang diinisiasi oleh Badan POM RI melalui Balai Besar POM di Palembang, merupakan kebanggaan tersendiri bagi Desa Payakabung. Hal ini tidak dilewatkan begitu saja oleh Perangkat Desa dan Masyarakat Desa Payakabung. Desa yang terletak di sebelah utara Indralaya Kabupaten Ogan Ilir ini sangat antusias dalam menyambut kesempatan yang tidak dimiliki oleh semua Desa yang ada di Kabupaten Ogan Ilir. 
Selain itu Desa Payakabung, terkenal sebagai Desa Produsen Keramik rakyat yang memproduksi pernak-pernik asesoris hiasan dan peralatan rumah tangga.
profil DESA PAYAKABUNG SUMATERA SELATAN

Desa Payakabung adalah sebuah Desa yang terletak di Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan ilir Propinsi Sumatera Selatan. Jarak antara Desa Payakabung  Kecamatan Indralaya utara  berkisar antara 3,7 Km. Dan luas wilayah Desa Payakabung sebesar 35,75 Km2, terdapat luas daratan ± 23,45 Km( 70 % ) dan luas Perairan/Rawa ± 13,45 Km ( 30 %. )
Desa Payakabung terdiri dari 2 (dua) Dusun, masing-masing dusun di Kepalai Oleh seorang Kepala Dusun (Kadus). Untuk Dusun I terdiri dari 3(tiga) RT yaitu RT 01 dan RT 02 dan RT 05. sedangkan Dusun II terdiri dari 2 (dua) RT yaitu RT 03 dan RT 04. jadi saat ini jumlah RT yang ada di Desa Payakabung berjumlah  5 RT. Lokasi antara Dusun I dan dusun II ini berdekatan hanya terpisahkan oleh Rel Kereta Api.

Desa Payakabung terletak di Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir- Sumatera Selatan. Berjumlah penduduk 2385 orang atau 597 KK.  Profesi masyarakat Pegawai Negeri  (50 orang), Pegawai Swasta  (369 orang), Petani Karet  (202 orang) dan Buruh tani   (370 orang). Pedagang   (153 orang), Usaha Jasa   (7 orang), Supir   (65 orang) dan Wiraswasta  (55 orang).
Awalnya Desa Payakabung terkenal dengan sebutan Halte yang merupakan tempat persinggahan para pedagang menggunakan jasa Kereta Api. Kata "Payakabung" menjadi populer berawal dari tempat pemanasan minyak (Bostter) yang berada persis di depan jalan   Desa Parit (Simpang Parit). Saat itu dilingkungan Pemanasan minyak tersebut di kelilingi oleh rawa yang saat itu di sebut masyarakat dengan sebutan "Payo" dan disekitar pinggiran rawa - rawa tersebut banyak tanaman pepohonan kabung (Batang Kabung) akhirnya      sebutan     halte      berangsur-angsur      menghilang   dan   berganti   nama   Dusun
Payokabung dan hingga saat ini terkenal dengan sebutan Desa Payakabung.
Desa Payakabung berdiri pada tahun 1977 pada awalnya Desa Payakabung ini disebut Dusun Payakabung dan saat itu sekitar tahun 1962 – 1969 Dusun Payakabung masih termasuk kawasan Marga Parit, yang saat itu dipimpin oleh Kepala Kampung yang bernama Mi’un Ahmad.
Setelah memisahkan dari Marga Parit Desa Payakabung di pimpin oleh seorang Krio Mi'un Ahmad sebelumnya berkedudukan sebagai Kepala Desa, beliau memerintah dari tahun 1977 sampai tahun 1984,  pada tahun sama diadakan pemilihan Kepala Desa untuk yang Pertama kali (1), dan terpilih M. Tohir masa jabatannya selama 10   tahun, dari tahun 1984 sampai 1994.
Pada tahun 1994 di adakan pemilihan Kepala Desa Payakabung yang Kedua (2) yang di menangkan oleh M. Darwis selama masa jabatan 2 Periode (10 Tahun) yaitu 1994-2004.
Selanjutnya Desa Payakabung di pimpin Oleh Pjs Kepala Desa yaitu M. Napidin. R selama 1 tahun dari tahun 2004-2005.
Pada tahun 2005 di adakan pemilihan Kepala Desa yang ketiga (3) dan Herman Susilo terpilih Sebagai Kepala Desa Payakabung. Masa jabatan selama 4 tahun.
M. Yusuf   menjabat sebagai Pjs Kepala Desa Payakabung selama satu (1) tahun yaitu pada tahun 2009-2010, pada pemerintahan Pjs Kepala Desa M. Yusuf dibentuk 4 (empat) Rukun Tetangga di Desa Payakabung.
Tahun 2010 akhir diadakan pemilihan Kepala Desa Payakabung yang keempat (4) dan dimenangkan oleh Faula Rosi. MR. Yang ditunjuk pada bulan Januari 2011 oleh Bupati Ogan ilir yaitu Ir. H. Mawardi Yahya pada tanggal 18 Januari 2011 sekarang ini Desa Payakabung menjadi Desa Depenitif , di bawah kepemimpinan Bapak Faula Rosi MR Payakabung mulai berbenah, pembangunan secara berangsur-angsur mulai terlihat, di mulai dengan pembangunan Gedung Puskesdes, Pembangunan Kantor Desa Payakabung, Pembangunan Gedung PAUD, Pembuatan Jalan Rabat Beton Baik di dusun 1 dan dusun 2, serta saat ini juga telah Memiliki Gedung Serbaguna yang berfungsi sebagai sarana olah raga maupun tempat Unutk Mengadakan Musyawarah.