Laman

Senin, 22 Mei 2017

32 DESA DI OGAN ILIR TERMASUK DESA RAWAN KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN

PALEMBANG - Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan saat ini memiliki 32 desa yang rawan akan kebakaran hutan dan lahan sehingga harus selalu diantisipasi.  Antisipasi yang dilakukan antara lain pembentukan POSKO dan penyediaan peralatan serta tenaga pemadan kebakaran hutan dan lahan.
Berdasarkan pendataan dan pengalaman kebakaran tahun lalu,
hutan di sekitar desa ini rawan terbakar, seperti disampaikan Pelaksana Tugas Bupati Ogan Ilir, Ilyas Panji Alam saat rapat koordinasi khusus pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Palembang, Jumat (28/4/2017).
HM. Ilyas Panji Alam Bupati Ogan Ilir mengatakan, pihaknya terus mendata desa-desa yang wilayah hutannya rawan terbakar untuk nantinya dibuatkan posko. Masyarakat setempat juga diberdayakan untuk upaya pencegahan. Bukan itu saja, pihaknya juga rutin melaksanakan patroli untuk mengetahui perkembangan titik api yang timbul di kabupaten daerah otonomi baru pemekaran Ogan Komering Ilir, Sumsel itu.
Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir juga telah membuat kanal-kanal penampungan air yang nantinya bisa dimanfaatkan bila musim kemarau tiba.