Laman

Rabu, 31 Mei 2017

PEMERINTAH KABUPATEN OGAN ILIR TERIMA WTP DARI BPK ATAS LAPORAN KEUANGAN TAHUN 2016

INDRALAYA - Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir menerima hasil laporan keuangan pemerintah daerah tahun anggaran 2016 dengan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan RI (BPK RI). Penerimaan penghargaan Opini WTP bagi Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir atas LKPD TA 2016 ini diterima langsung Bupati Kabupaten Ogan Ilir (OI), H.M. Ilyas Panji Alam, SH, SE, MH pada hari Jumat 26 Mei 2017 pagi di ruang serbaguna lantai 3 kantor BPK-RI Perwakilan Sumsel di Jalan Demang Lebar Daun Palembang.
Pemberian penghargaan opini WTP tersebut, dihadiri Komisi V BPK-RI Ir. Hj. Isma Yatun MT. Sedangkan, dari Kabupaten Ogan Ilir dihadiri oleh para pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Ogan Ilir antara lain, Sekda H. Herman SH, MM, Inspektur Inspektorat Kab Ogan Ilir Drs. H. Maulana, MM, Kepala BPKAD Kabupaten Ogan Ilir Hasnandar, SE, Sekretaris DPRD (Sekwan) Mukhsinah, Kepala BAPPEDA Kab Ogan Ilir Drs. H. Abdul Rahman Rosyidi, MM, MBA, serta Wakil Ketua  DPRD Kab Ogan Ilir Wahyudi, ST. 
Ir. Hj. Isma Yatun, MT Komisi V BPK RI dalam sambutannya saat menghadiri penyerahan penghargaan WTP kepada tiga Kepala Derah Kabupaten-Kota di Sumsel, menyampaikan bahwa berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2004 tentang pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara serta berdasarkan pemeriksaan laporan keuangan APBD Kabupaten Ogan Ilir yang telah dilakukan oleh pihak BPK-RI pada tahun 2016 lalu, tidak ditemukan adanya penyimpangan. 
Dengan demikian, lanjut anggota Komisi V BPK-RI, BPK-RI memberikan opini WTP kepada Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir, Kota Prabumulih dan Kota Pagaralam. "Saya sampaikan ucapan selamat kepada Bupati Kabupaten Ogan Ilir HM Ilyas Panji Alam yang telah mendapatkan opini WTP. Dengan demikian, juga saya sampaikan selamat kepada Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir yang telah meningkatkan opininya dari Wajar Dengan Pengecualian (WDP) menjadi Wajar Tanpa Pengeculian/WTP. Prestasi ini untuk lebih mendukung akuntabilitas. Sehingga, menjadi kebanggaan bersama untuk dipertahankan," kata Ir. Hj. Isma Yatun MT. 
Disebutkan Komisi V BPK, selama menjalankan tugas berdasarkan aturan perundang-undangan yang berlaku, pihaknya sangat mengapresiasi dan mendukung pengelolaan keuangan negara yang akuntabel. Kemudian, kewajiban menyusun tentang laporan APBD yang telah disusun oleh BPK-RI, kedepan merupakan bagian dari tugas konvensional BPK. "Kita tidak hanya memeriksa keuangan APBD saja. Melainkan, juga membina Kabupaten-Kota agar mendapat penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian," ujar Anggota Komisi V BPK-RI. "Sekali lagi saya mengapresiasi hasil WTP yang telah diraih Kabupaten Ogan Ilir," ujarnya. 
Sementara itu, Bupati Kabupaten Ogan Ilir H.M. Ilyas Panji Alam usai menerima penghargaan opini WTP, dirinya menyampaikan ucapan syukur alhamdulillah atas penghargaan yang telah diraih oleh Kabupaten Ogan Ilir yang mendapat opini WTP dari BPK-RI. Mengingat, HM Ilyas Panji Alam baru satu tahun lebih menjalankan roda pemerintahan sebagai Kepala Daerah Kabupaten Ogan Ilir. Dikatakan Ilyas, disamping ada pemeriksaan, juga ada pembinaan dari pihak BPK-RI.  Laporan hasil pemeriksaan keuangan Pemda Ogan Ilir dari BPK-RI telah menetapkan opini WTP. Alhamdulillah terima kasih," tutur Bupati Ogan Ilir. 
Dikatakan HM. Ilyas, sekaligus ini merupakan opini WTP pertama sejak dirinya menjadi pemimpin Kabupaten Ogan Ilir. "Sebelumnya selama sepuluh tahun, Kabupaten Ogan Ilir hanya satu kali mendapatkan opini WTP. Untuk itu, saya menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada BPK-RI yang telah membina. Tentu hasil ini merupakan surprise bagi Kabupaten Ogan Ilir, dan akan kita pertahankan," kata Bupati Ogan Ilir HM. Ilyas Panji Alam.