Laman

Selasa, 20 Juni 2017

BUPATI OGAN ILIR HM ILYAS PANJI ALAM RESMI GUNAKAN JALAN TOL PALINDRA UTUK ARUS MUDIK LEBARAN 1438 H 2017 M


INDRALAYA - Jalan bebas hambatan atau jalan Tol rute Palembang - Indralaya (Palindra), pada Seksi 1, Palembang - Pemulutan sepanjang 7 km sudah mulai dibuka untuk jalur mudik.  Pembukaan penggunaan jalan TOL ini dikunjungi langsung oleh Bupati Ogan Ilir HM Ilyas Panji Alam bersama Dirut PT Hutama Karya dan jajaran FKPD dan beberapa OPD pada Senin 19 Juli 2017 pagi di mulai dari pintu Gerbang Tol Desa Ibul Besar III dan dapat dilewati sepanjang 7 km hingga Desa Pelabuhan Dalam Kecamatan Pemulutan Kab Ogan Ilir.
Hanya saja, jalur yang dapat dilintasi satu lajur mengingat jalan tol hanya sebatas uji coba digunakan untuk fasilitas mudik.
Jalur yang dibuka yakni pintu tol di titik nol Palembang menuju Indralaya melintas di seksi 1 sepanjang 7 km. Untuk dari arah Kota Indralaya menuju Kota Palembang tidak dapat masuk jalur tol dan tetap menggunakan  Jalan Lintas Timur (Jalintim) Sumatera.
Dirut PT. Hutama Karya, I Gusti Ngurah Putra didampingi Bupati Ogan Ilir dan Kapolres Ogan Ilir AKBP M. Arif Rifai mengatakan, hasil diskusi diputuskan bahwa jalan Tol Palindra digunakan untuk satu jalur saja. Hal itu berdasarkan kondisi uji coba dan fasilitas yang ada.
“Ya, hasil diskusi dan uji coba kami putuskan satu lajur digunakan untuk pemudik. Ini kan hanya uji coba untuk fasilitas mudik lebaran idul fitri saja, " ungkapnya.
Untuk jalan yang amblas, sambungnya, akan dikerjakan setelah lebaran nanti. “ Kalau dikerjakan sekarang nanti ganggu arus mudik, ” bebernya.
Plt Bupati Ogan Ilir, HM Ilyas Panji Alam mengatakan, Tol Palindra siap dilintasi meski sempat ada ruas jalan yang amblas sepanjang 30 meter beberapa waktu lalu. " Kami pastikan, Tol Palindra bisa dilintasi untuk pemudik. Kami berharap pengendara yang melintas berhati-hati, jaga kesehatan dan keselamatan selama berkendara, " tuturnya.
Sementara itu, Kapolres Ogan Ilir AKBP M. Arif Rifai mengatakan, hasil keputusan satu jalur yakni pertimbangan keselamatan pengguna jalan tol. “ Faktor keselamatan dan kenyamanan salah satunya. Ini hanya uji coba saja. Tidak ada faktor lain, ” tuturnya.
Ia menambahkan, dibukanya Tol Palindra merupakan solusi antisipasi kemacetan. “ Dengan adanya jalan tol ini tentu akan antisipasi kemacetan. Jadi jalur yang dibuka yakni Palembang - Pemulutan satu jalur. Untuk Pemulutan - Palembang masih ditutup,” katanya.