Minggu, 03 Maret 2019

PEMKAB OGAN ILIR SUMSEL PECAHKAN REKOR MURI, " 1000 PINDANG "

Indralaya– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Ilir (OI) hari ini, Minggu (3/3) berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) dalam kategori penyajian 1000 pindang yang merupakan terbanyak se Indonesia.
Penyerahan piagam penghargaan MURI ini diterima langsung oleh Bupati OI, HM Ilyas Panji Alam, SE, SH, MM dalam rangkaian kegiatan Gebyar Pendidikan dan Kebudayaan 2019 yang dilaksanakan di Komplek Perkantoran Terpadu (KPT) Pemkab OI, Tanjung Senai, Inderalaya.
Dalam kesempatan ini Bupati OI HM Ilyas Panji Alam menyampaikan, di tahun 2019 yang merupakan tahun budaya ini, dilaksanakan kegiatan penyajian 1.000 porsi pindang ikan air tawar”. Ungkap Bupati Ilyas.
Yang tak kalah penting dalam kegiatan ini, kata Bupati yaitu pelestarian kebudayaan masakan yang ada di Kabupaten OI. “Banyak jenis pindang yang ada di Kabupaten OI. Karenanya, pindang merupakan salah satu budaya yang harus kita lestarikan bersama” imbuhnya.
Penyajian pindang ini dilaksanakan dengan melibatkan berbagai elemen mulai dari lembaga pendidikan yakni PAUD, SD, hingga Dinas dan Badan di lingkungan Pemkab OI. Selain itu, pindang yang disajikan ini juga dilakukan penilaian melalui e-voting dengan cara mengupload melalui akun Youtube.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Mendikbud RI), Muhadjir Effendy yang hadir sebagai tamu kehormatan, sangat mengapresiasi upaya Pemkab OI dalam pemecahan rekor MURI ini. Menurut Mendikbud, upaya yang dilakukan Pemkab OI ini sangat positif dan dapat dijadikan contoh bagi kabupaten lainnya dalam melestarikan makanan khas Ogan Ilir.
“Tadi saya sempat mencicip sedikit karena rasanya sangat pedas. Tapi rasanya enak” pungkasnya, lanjut Mendikbud.

Pada even pemecahan rekor MURI 1000 Pindang ini diikuti oleh seluruh OPD, Kecamatan dan sekolah-sekolah yang berlangsung Minggu 3 Maret 2019, juga diikuti oleh Stand Inspektorat Kabupaten Ogan Ilir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar